title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS SISWA (Studi Quasi Eksperimen Kelas VII SMP Negeri 2 Tegineneng Tahun Ajaran 2012/2013 ) creator: Sunaryo, AGUS IRAWAN subject: L Education (General) = Pendidikan subject: Q Science (General) subject: QH301 Biology description: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan penguasaan materi dan aktivitas siswa SMP Negeri 2 Tegineneng. Desain penelitian ini adalah pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIC yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif yaitu aktivitas siswa diperoleh dari lembar observasi. Data kuantitatif yaitu penguasaan materi oleh siswa yang diperoleh dari pretes dan postes. Analisis data aktivitas siswa menggunakan indeks aktivitas siswa dengan menghitung rata–rata skor aktivitas siswa, sedangkan penguasaan materi menggunakan Uji Mann-Whitney U pada taraf kepercayaan 95% dengan menggunakan bantuan SPSS 17. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap aktivitas siswa pada saat proses Agus Irawan iii pembelajaran yaitu adanya peningkatan aktivitas dari pertemuan I ke pertemuan II dengan peningkatan rata-rata sebesar (18,75%). Secara umum peningkatan terjadi pada setiap aspek aktivitas siswa yang diamati. Rata-rata aktivitas siswa tertinggi adalah aspek kemampuan melakukan kegiatan diskusi, sedangkan aktivitas siswa terendah adalah aspek kemampuan mengemukakan pendapat. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD juga berpengaruh terhadap penguasaan materi pada kelas eksperimen. Indikator kognitif N-Gain kategori tinggi adalah pengetahuan (C1) dan penerapan (C3), sedangkan indikator kognitif N-Gain kategori rendah adalah pemahaman (C2) dan analisis (C4)). Dengan demikian, bahwa pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi pokok ciri-ciri makhluk hidup oleh siswa SMP Negeri 2 Tegineneng. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions, Aktivitas siswa, Penguasaan materi. publisher: Fakultas KIP date: 2013-12-23 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/132/1/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/132/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/132/3/MENYETUJUI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/132/4/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/132/5/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/132/6/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/132/7/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/132/8/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/132/9/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/132/10/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/132/11/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: archive identifier: http://digilib.unila.ac.id/132/12/LAMPIRAN.zip identifier: Sunaryo, AGUS IRAWAN (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS SISWA (Studi Quasi Eksperimen Kelas VII SMP Negeri 2 Tegineneng Tahun Ajaran 2012/2013 ). Fakultas KIP, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/132/