%0 Generic %9 Other %A Iwan Nurwantoro, 1113021042 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:13240 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA(Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Al-Kautsar Bandarlampung Tahun Pelajaran 2014/2015) %U http://digilib.unila.ac.id/13240/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Pembelajaran Socrates Kon-tekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al-Kautsar Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah kelas VII B. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis siswa yang dianalisis menggunakan paired sample t-test dan uji proporsi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa sesudah mengikuti Pembelajaran Socrates Kontekstual lebih baik dibandingkan sebelum mengikuti Pembelajaran Socrates Kontekstual. Selain itu, persentase siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik pada kelas yang menggunakan Pembelajaran Socrates Kontekstual mencapai 60%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Socrates Kontekstual efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siwa. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Socrates Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kritis.