TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints13251 UR - http://digilib.unila.ac.id/13251/ A1 - AYODHYA DANARI ATRI PRADINI, 1113031015 Y1 - 2015/09/23/ N2 - Abstrak Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 14 Bandar Lampung diketahui bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Two Stay Two Stray (TSTS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi berjumlah 239 dengan jumlah sampel sebanyak 80 siswa. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Data diperoleh melalui melalui tes saat awal pembelajaran (pre test) dan akhie pembelajaran (post test). Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varians dua jalan dan t-test separated varians. Hasil penelitian menunjukkan (1) Fhitung 4,439 > Ftabel 3,9 terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan Two Stay Two Sray pada mata pelajaran IPS Terpadu. (2) thitung 7,613 > ttabel 2,0105 Hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kemampuan awal baik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. (3) thitung 2,397 > ttabel = 2,056 hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kemampuan awal kurang baik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization lebih rendah dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Sray. (4) Fhitung 40,495> Ftabel 3,97 ada interaksi antara model pembelajaran yang digunakan dengan kemampuan awal siswa terhadap Hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Kata kunci : Hasil belajar, pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dan Two Stay Two Stray, dan kemampuan awal. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -