title: PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT SERTA REAKSI REDOKS creator: 0543023027, SARI RAHMAYANTI subject: description: Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kimia di SMA Perintis 2 Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan 100% siswa telah mencapai nilai ≥ 60, sementara baru 47,36% siswa yang mendapat nilai ≥ 60. Nilai rata-rata penguasaan konsep siswa kelas X 4 pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit serta reaksi redoks tahun pelajaran 2008-2009 yaitu 55,39. Aktivitas yang relevan dalam pembelajaran (on task) seperti menjawab pertanyaan, dan mengajukan pertanyaan masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep pada materi tersebut adalah pembelajaran kooperatif teknik Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan persentase (1) setiap jenis aktivitas on task, (2) rata-rata penguasaan konsep dan, (3) ketuntasan belajar Sari Rahmayanti pada konsep larutan elektrolit dan non elektrolit serta reaksi redoks. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X 4 SMA Perintis 2 Bandar Lampung yang berjumlah 38 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Data penelitian terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas on task siswa dan data kuantitatif berupa data penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase (1) setiap jenis aktivitas on task siswa, yaitu menjawab pertanyaan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,22%, dari siklus II ke siklus III 6,57%; mengajukan pertanyaan dari siklus I ke siklus II sebesar 6,58%, dari siklus II ke siklus III sebesar 14,47%; aktif dalam diskusi dari siklus I ke siklus II sebesar 7,9%, dari siklus II ke siklus III sebesar 17,1%; memberikan pendapat dari siklus I ke siklus II sebesar 7,91% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 13,15%; (2) rata-rata penguasaan konsep dari siklus I ke siklus II sebesar 4,74% , dari siklus II ke siklus III sebesar 19,38%; dan (3) ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 10,53%, dari siklus II ke siklus III sebesar 7,89%. date: 2010-11-13 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13265/1/ABSTRAK%20Sary.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13265/2/Bab%20I%20Sary.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13265/3/Bab%20II%20Sary.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13265/4/Bab%20III%20Sary.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13265/5/BAB%20IV%20Sary.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13265/6/BAB%20V%20Sary.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13265/7/COVER%20SARY.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13265/8/Cover%20Skirpsi%20Sary.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13265/9/Daftar%20Gambar%20Sary.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13265/10/DAFTAR%20ISI%20Sary.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13265/11/Daftar%20Tabel%20Sary.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13265/12/DAPUS%20Sary.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13265/13/Judul%20Skripsi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13265/14/Motto%20Sary.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13265/15/PENGESAHAN%20Sary.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13265/16/PERSEMBAHAN%20Sary.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13265/17/RIWAYAT%20HIDUP%20Sary.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13265/18/SANWACANA%20Sary.pdf identifier: 0543023027, SARI RAHMAYANTI (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT SERTA REAKSI REDOKS. Other thesis, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/13265/