%0 Thesis %9 Other %A 0543024029, MARYENI NOVA YANZE %B FKIP %D 2010 %F eprints:13269 %I Universitas Lampung %T PROFIL KEMAMPUAN GURU KELAS IV SD DALAM MELAKUKAN PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN RAJA BASA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2009/2010 %U http://digilib.unila.ac.id/13269/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru kelas IV SD dalam melakukan penilaian pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Raja Basa Bandar Lampung, khususnya kemampuan guru dalam merencanakan penilaian, kemampuan guru dalam mengkontruksi instrumen penilaian, dan kemampuan guru dalam menentukan nilai akhir siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode cluster random sampling, sehingga sampel yang diperoleh adalah guru kelas IV SD yang mengajar IPA. Data penelitian adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif yang berupa skor kinerja guru dalam melakukan penilaian pada mata pelajaran IPA yang diperoleh dari silabus, angket dan penilaian produk soal. Sedangkan data kualitatif berupa gambaran tentang kemampuan guru dalam melakukan penilaian pada mata pelajaran IPA yang diperoleh dari wawancara, lembar observasi, dan studi dokumen. ii Maryeni Nova Yanze Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru kelas IV SD dalam melakukan penilaian pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Raja Basa Bandar Lampung belum sesuai dengan standar penilaian yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2007. Kemampuan guru kelas IV SD dalam merencanakan dan mengkonstruksikan instrumen penilaian tergolong sedang, selain itu, dalam menentukan nilai akhir siswa, sebagian besar guru memberikan nilai masih tidak mempertimbangkan dengan kemampuan yang dimiliki siswa yang sebenarnya dan masih ada beberapa guru yang tidak menerapkan program remidial bagi siswanya yang tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum).