%A MEDIAN AGUS PRIADI 0613024035 %T PENGEMBANGAN E-BOOK BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS XI %X Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan e-book sebagai sumber belajar pada mata pelajaran biologi telah banyak dilakukan khususnya pada sekolah-sekolah yang telah memiliki laboratorium komputer atau ruang multimedia. Namun, pada umumnya e-book yang ada saat ini masih berupa teks uraian materi saja. Lay out maupun content dari e-book yang ada saat ini belum memberikan daya tarik terhadap siswa dalam mempelajari materi-materi biologi. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan terhadap e-book agar e-book semakin menarik serta dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-book dengan karakteristik yang baru serta dapat dijadikan sebagai sumber belajar alternatif dalam mempelajari materi biologi tentang sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil 2010/2011 di SMA N 9 Bandar Lampung, SMA N 10 Bandar Lampung dan SMA YP unila pada siswa kelas XI melalui tiga tahap yaitu studi pendahuluan dengan melakukan analisis kebutuhan melalui kajian lapangan dan kajian literatur, pengembangan dan evaluasi. Data hasil kajian lapangan dan kajian literatur diperoleh dengan menggunakan angket dan dari beberapa literatur digunakan untuk menyusun draf tentang karakteristik e-book yang akan dikembangkan. E-book hasil pengembangan dilakukan validasi oleh ahli materi, ahli desain, ahli bahasa, praktisi, uji kemenarikan dan efektivitas e-book terhadap siswa. Data uji ahli dan kemenarikan e-book diperoleh dengan menggunakan angket sedangkan untuk efektivitas e-book diperoleh melalui hasil evaluasi diakhir materi pembelajaran. Hasil pengembangan berupa CD e-book sistem peredaran darah manusia yang sesuai sebagai sumber belajar bagi siswa. E-book hasil pengembangan berisi teks materi, gambar ilustrasi, animasi audio visual, latihan dan pembahasan, glosarium, menu yang memuat informasi tentang biologi yang berfungsi untuk pengayaan bagi siswa dan daftar pustaka. Siswa senang dengan karakteristik dan penerapan e-book sebagai sumber belajar. E-book hasil pengembangan ini sangat menarik untuk dijadikan salah satu sumber belajar alternatif. Selain itu pembelajaran dengan e-book hasil pengembangan ini efektiv dalam membantu siswa memahami materi sistem peredaran darah manusia. %D 2010 %I Universitas Lampung %L eprints13280