TY - UNPB ID - eprints13306 UR - http://digilib.unila.ac.id/13306/ A1 - 0643021050, Sofi Karimah Y1 - 2010/11/13/ N2 - Hasil observasi, diskusi, dan refleksi dengan guru matematika kelas VIII-2, dapat diketahui bahwa aktivitas belajar siswa kelas VIII-2 semester ganjil SMP Negeri 1 Gadingrejo tahun pelajaran 2010/2011 masih rendah. Rendahnya aktivitas belajar tersebut tampak pada saat pembelajaran yang masih didominasi oleh guru. Aktivitas belajar yang rendah berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang tuntas belajar (memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 71) pada ulangan semester genap hanya sebesar 31,03% dan nilai rata-rata siswa sebesar 65,34. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-2 semester ganjil SMP Negeri 1 Gadingrejo tahun pelajaran 2010/2011 dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Asssisted Individualization). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data aktivitas siswa dan data hasil belajar siswa. Data aktivitas siswa diperoleh melalui lembar obervasi aktivitas siswa dan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-2 semester ganjil SMP Negeri 1 Gadingrejo tahun pelajaran 2010/2011. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas VIII-2 Semester Ganjil SMP Negeri 1 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2010/2011) AV - restricted ER -