%A 1113031060 RIKA TRIA ANANDA %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN DISKUSI KELOMPOK DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADYAH 2 BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %X ABSTRAK INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ekonomi serta mengkaji tentang perbandingan hasil belajar Ekonomi dengan model pembelajaran Problem Posing dan model Diskusi kelompok dengan memperhatikan kemampuan Awal pada kelas XI SMA Muhammadyah2 Bandarlampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi serta interaksi antara model pembelajaran dan Kemampuan Awalsiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini 157 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 58 siswa .Teknik penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data dengan observasi, dokumentasi, tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) terdapatp erbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Posing dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan Diskusi Kelompok, (2) hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang pembelajarannya menggunakan model Problem Posing lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan Diskusi Kelompok., (3) hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang pembelajarannya menggunakan model Problem Posing lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan Diskusi Kelompok., (4) ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa pad amata pelajaran ekonomi. (5) ada perbedaan antara kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kata kunci: diskusi kelompok, hasil belajar ekonomi, kemampuan awal siswa, problem posing. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints13353