%A TEGUH RS 0713056124 %T MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN 3 MERAK BATIN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2010/2011 %X Berdasarkan hasil observasi awal di SDN 3 Merak Batin kualitas hasil belajar matematika kelas V masih dibawah KKM, penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar matematika, melalui pendekatan kooperatif learning. Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Sitiap siklus terdiri dari 4 tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data dalam e-TA ini digunakan dengan instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pendekatan kooperatif learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Dari nilai rata-rata prasiklus 5,54, menjadi 6,79 pada siklus 1 dan 6,95 pada siklus 2. %D 2010 %I Universitas Lampung %L eprints13354