%0 Journal Article %A 0513052049, Wisni Widyawati %D 2012 %F eprints:13396 %J Digital Library %T UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN RENCANA STUDI LANJUT MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA DI SMP NEGERI 5 BANDARLAMPUNG TAHUN AJARAN 2012/2013 %U http://digilib.unila.ac.id/13396/ %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah kemandirianrencana studi lanjut siswa yang rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah kemandirian rencana studi lanjut siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemandirian siswa rencana studi lanjut menggunakan layanan konseling kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain One-Group Pretest-PosttesDesign. Subjek dalam penelitian sebanyak 8 siswa kelas VIII yang kurang memiliki kemandirian rencana studi lanjut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kemandirian. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian rencana studi lanjut siswadapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji Wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh zhitung = 2,52 > ztabel = 0,012 maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya kemandirian rencana studi lanjut siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat perbedaan kemandirian rencana studi lanjut sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok pada siswa di SMP Negeri 5 Bandarlampung Tahun Ajaran 2011/2012. Artinya kemandirian rencana studi lanjut siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok. Saran yang dapat diberikan adalah (1) Kepada guru bimbingan dan konseling hendaknya dapat membantu dan membimbing siswa dalam meningkatkan kemandirian untuk menentukan rencana studi lanjut siswa dengan menggunakan layanan konseling kelompok (2) Siswa yang memiliki kemandirian rencana studi lanjut yang rendah, hendaknya agar bisa meningkatkan kemandirian rencana studi lanjutnya sedini mungkin dengan mengikuti layanan konseling kelompok, agar bisa mencapai tujuan kemandirian (3) Kepada para peneliti, hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai kemandirian siswa pada kondisi subjek yang berbeda dengan menggunakan layanan yang sama maupun layanan lainnya.