%0 Journal Article %A 1013109048, Sarinah %D 2013 %F eprints:13437 %J Digital Library %T MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 5 SUNGAI LANGKA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %U http://digilib.unila.ac.id/13437/ %X ABSTRAK Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan apabila pendekatan atau model pembelajaran yang digunakan guru tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkahlangkah: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah guru, teman sejawat, dan siswa kelas IV sebanyak 20 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus ke siklus. Rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 70,80 dan pada siklus II meningkat menjadi 78,80. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I hanya 60%, meningkat pada siklus II menjadi 85%. Kata kunci: Hasil belajar, Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)