TY - JOUR ID - eprints13441 UR - http://digilib.unila.ac.id/13441/ A1 - 1113069079 , Roslina Y1 - 2013/// N2 - ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi awal pembelajaran untuk di kelas V SDN I Surabaya Kec. Kedaton Bandar Lampung diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa masih rendah yaitu berkisar dibawah kreteria ketutasan minimum (KKM) yang ditentukan sekolah 65. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan game teaching pada materi pecahan pada siswa kelas V SDN 1 Surabaya Bandar Lampung pada semester genap tahun pelajaran 201 2 / 2013. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, karena penelitian tindakan kelas adalah merupakan penelitian yang lebih sesuai dengan tugas pokok dan fungsi guru, meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan kualitas siswa, serta mencapai tujuan pembelajaran atau pendidikan. Penelitian dilaksanakan dalam beberapa siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan (planning), implementasi (pelaksanaan), observasi (pengamatan), dan refleksi. Hasil penelitian manunjukkan bahwa setelah dilakukan perbaikan pembelajaran hasil belajar siswa 46,66% pada siklus I menjadi 93,33% pada siklus II, adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II 46,66%. Pada akhir siklus hasil belajar siswa mengaalami kenaikan di atas KKM yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode Game Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Belajar matematika, dengan metode game taching. JF - Digital Library TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE GAME TEACHING KELAS V SDN 1 SURABAYA KEC. KEDATON BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013 AV - restricted ER -