TY - JOUR ID - eprints13443 UR - http://digilib.unila.ac.id/13443/ A1 - 1113069102, Supriatin Y1 - 2013/02// N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata palajaran IPA di kelas V SDN 3 Perumnas Way Halim Bandar Lampung melalui metode inkuiri. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), melalui siklus berdaur ulang. Setiap siklus dilaksanakan berdasarkan empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, perolehan hasil setiap siklus mengalami peningkatan. Siklus I pertemuan pertama hasil aktivitas siswa 74,4% dengan rata-rata nilai 62,70. Siklus I pertemuan kedua hasil aktivitas siswa 87,2% dengan rata-rata nilai 71,20. Siklus II pertemuan pertama hasil aktivitas siswa 94,4% dengan rata-rata nilai 71,20. Siklus II pertemuan kedua hasil aktivitas siswa 96% dengan rata-rata nilai 80,00. Pada kinerja guru diketahui bahwa penggunaan metode inkuiri sangat tepat untuk pembelajaran IPA. Hal ini terlihat dengan perolehan hasil setiap siklus yang mengalamai peningkatan. Siklus I pertemuan pertama 83,1%, siklus I pertemuan kedua 86,7%, siklus II pertemuan pertama 89,1%, siklus II pertemuan kedua 91,5%. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, dan metode inkuiri. JF - Digital Library TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI POKOK PERUBAHAN SIFAT BENDA MELALUI METODE INKUIRI DI KELAS V SDN 3 PERUMNAS WAY HALIM BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -