@article{eprints13444, month = {Pebruari}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISIONS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 WAY HARONG KECAMATAN WAY LIMA KABUPATEN PESAWARAN 2012/2013}, author = {HUSNAINI 1113109017}, year = {2013}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13444/}, abstract = {ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar matematika pada Sekolah Dasar Negeri 1 Way Harong, masih di bawah KKM. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Student Teams Achivement Divisions di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Way Harong Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran.Metode menggunakan model penelitian tindakan kelas. Data penelitian diperoleh melalui: observasi siswa, dan tes pada setiap akhir siklus. Data dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada akhir siklus I rerata nilai hasil belajar siswa 58 yang belum tuntas ada 11 orang siswa dari jumlah seluruhnya 20 orang siswa, sedangkan pada akhir siklus II siswa yang belum tuntas ada 1 orang siswa dari jumlah seluruhnya 20 orang siswa, dengan rerata nilai 74,5.Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Divisions , meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada Sekolah Dasar Negeri 1 Way Harong Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Kooperatif Student Teams Achivement Divisions (STAD).} }