creators_name: 0813053022, Dian Shinta Ambarsari type: article datestamp: 2015-10-22 09:45:20 lastmod: 2015-10-22 09:45:20 metadata_visibility: show title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER KELAS V SDN 01 TEMPURAN TRIMURJO LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penurunan kecemasan menghadapi ujian menggunakan layanan konseling kelompok?Masalah dalam penelitian ini adalah kecemasan siswa menghadapi ujian yang tinggi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah kecemasan siswa menghadapi ujian pada siswa dapat diturunkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok?”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Subjek dalam penelitian sebanyak 6 siswa kelas VIII yang memiliki kecemasan menghadapi ujian yang tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kecemasan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kecemasan siswa menghadapi ujian siswa dapat diturunkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji Wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh zhitung = 2,207 > ztabel = 0,027 maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya bahwa kecemasan siswa menghadapi ujian yang tinggi siswa dapat diturunkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kecemasan siswa menghadapi ujian yang tinggi siswa dapat diturunkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok,pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2011/201 2. Saran yang dapat diberikan adalah (1 ) Kepada guru bimbingan dan konseling hendaknya dapat membantu dan memberikan informasi terhadap siswa untuk mengenali hal-hal yang dapat mengurangi dan memicu kecemasan ujian, sehingga siswa dapat lebih siap dalam menghadapi ujian. (2) Kepada Siswa hendaknya terus berusaha mempersiapkan diri menghadapi ujian, baik secara fisik, afektif, dan kognitif. Jika terjadi kecemasan menghadapi ujian, maka hal itu dianggap suatu hal yang wajar.(3) Kepada para peneliti, hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai kecemasan siswa menghadap ujian pada kondisi subjek yang berbeda dengan menggunakan layanan yang sama maupun layanan lainnya. Kata Kunci : Kecemasan Menghadapi Ujian, layanan konseling kelompok. date: 2012 date_type: published publication: Digital Library refereed: TRUE citation: 0813053022, Dian Shinta Ambarsari (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER KELAS V SDN 01 TEMPURAN TRIMURJO LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library. document_url: http://digilib.unila.ac.id/13448/1/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13448/2/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13448/3/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13448/4/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13448/5/bab%201.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13448/6/bab%202.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13448/7/bab%203.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13448/8/bab%204.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13448/9/bab%205.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13448/10/cover%202.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13448/11/cover.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13448/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13448/13/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13448/14/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13448/15/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13448/16/MOTTO.pdf