%0 Journal Article %A 0543041041, Revi Liana %D 2012 %F eprints:13467 %J Digital Library %T KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERPENSISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/13467/ %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan mengapresiasi cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gedongtataan kabupaten Pesawaran tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gedongtataan dalam mengapresiasi unsur-unsur intrinsik cerpen “Datuk” karya A.Fuadi, khususnya yang berkenaan dengan tema, penokohan, alur, latar, dan amanat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 221 siswa, yang tersebar dalam enam kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 15 % dari jumlah siswa keseluruhan yang diambil melalui sistem acak. Data penelitian berupa tes mengerjakan sepuluh soal esai yang berkaitan dengan lima unsur intrinsik cerpen, yaitu tema, penokohan, alur, latar, dan amanat. Hasil penelitian dalam mengapresiasi cerpen menunjukkan bahwa jumlah skor rata-rata keseluruhan hasil tes mengapresiasi cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gedongtataan kabupaten Pesawaran tergolong sangat baik, yaitu 91,57. Rata-rata kemampuan per aspek adalah (1) tema 83,55 tergolong baik (2) penokohan 93,97 tergolong sangat baik (3) latar atau setting 95 tergolong sangat baik (4) alur 87,94 tergolong sangatbaik(5) amanat 94,97 tergolong sangat baik. Saran yang penulis rekomendasikan adalah (1) bagi peneliti lain, hendaknya dapat mengembangkan penelitian mengenai kemampuan mengapresiasi cerpen siswa pada aspek sudut pandang dan gaya bahasa. (2) guru hendaknya lebih memperhatikan pemilihan cerpen bagi siswa dengan mempertimbangkan tingkat perkembangan psikologi, latar budaya, dan tingkat penguasaan bahasa mereka.