%0 Generic %9 Other %A Ninda Kariza, 1113054034 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:13475 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T AKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA DINI DI PAUD ANDINI SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/13475/ %X abstrak indonesia Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia dini 5-6 tahun di PAUD Andini Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan aktivitas penggunaan media manipulatif dengan aktivitas yang tanpa media manipulatif serta Untuk mengetahui kemampuan mengenal lambang bilangan dengan pembelajaran konvensional dan kemampuan mengenal lambang bilangan dengan pembalajaran media manipulatif pada anak usia dini 5-6tahun di PAUD Andini Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode preeksperimen dengan desain penelitan ex post facto. Teknik pengambilan sampel dengan studi populasi berjumlah 29 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji hipotesis( t-test). Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang nyata aktivitas penggunaan media manipulatif dengan aktivitas yang tanpa media manipulatif pada anak usia dini dan ada perbedaan yang meyakinkan kemampuan mengenal lambang bilangan dengan pembelajaran konvensional dan kemampuan mengenal lambang bilangan dengan pembalajaran media manipulatif pada anak usia dini 5-6tahun di PAUD Andini Sukarame Bandar Lampung. Kata kunci: aktivitas, media manipulatif, lambang bilangan abstrak inggris