%A Rahma Arta Yulia 0713041006 %J Digital Library %T KONFLIK DALAM NOVEL DAUN PUN BERZIKIR KARYA TAUFIQURRAHMAN AL AZIZY DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) %X ABSTRAK Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah konflik dalam novel Daun Pun Berzikir karya Taufiqurrahman Al Azizy dan kelayakan novel tersebut sebagai bahan ajar sastra di sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konflik dalam novel Daun Pun Berzikir karya Taufiqurrahman Al Azizy dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMA yang ditinjau dari tiga aspek: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), kesastraan, dan pendidikan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penulis mendeskripsikan data-data yang berupa kata, frasa, ungkapan, dan kalimat yang mengandung konflik yang terdapat dalam novel Daun Pun Berzikir karya Taufiqurrahman Al Azizy. RaRhamhma Aa ArtartYa Yuluialia Sumber data penelitian ini adalah novel yang berjudul Daun Pun Berzikir karya Taufiqurrahman Al Azizy. Novel ini diterbitkan oleh Laksana pada tahun 2010, edisi pertama, cetakan pertama, dan novel ini setebal 361 halaman Berdasarkan analisis data, ditemukan berbagai macam konflik dan akibat yang ditimbulkannnya. Konflik-konflik yang ditemukan dalam novel ini adalah konflik pribadi, konflik antarkelas sosial, konflik batin, konflik sosial, dan konflik antarindividu. Adapun akibat-akibat dari konflik-konflik yang ditemukan dalam novel ini di antaranya keretakan hubungan antarindividu dan persatuan kelompok, berubahnya kepribadian individu, dan hancurnya harta benda. Berdasarkan hasil analisis kelayakan novel yang ditinjau dari tiga aspek di atas, penulis menyimpulkan bahwa novel Daun Pun Berzikir karya Taufiqurrahman Al Azizy layak dijadikan sebagai bahan ajar sastra di SMA. %D 2012 %L eprints13478