TY - JOUR ID - eprints13487 UR - http://digilib.unila.ac.id/13487/ A1 - 0813041009, Risa Afriana Y1 - 2012/// N2 - ABSTRAK Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah kemampuan membuat kalimat bahasa Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kemampuan dan letak kelemahan dalam membuat kalimat bahasa Lampung yang meliputi kejelasan subjek dan predikat, kesejajaran (jika kalimat mengandung rincian), kelogisan, kehematan, kecermatan, dan penggunaan ejaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pesisir Tengah Krui Lampung Barat tahun pe-lajaran 2011/2012 yang berjumlah 194 siswa yang tersebar ke dalam 6 kelas. Sampel yang ditetapkan sebanyak 60 siswa yang diambil dari 10 siswa per kelas dengan berdasarkan suku, yaitu suku Lampung 5 siswa dan suku non-Lampung 5 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis kemampuan membuat kalimat bahasa Lampung dalam bentuk karangan dengan tema bebas. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa kemampuan membuat kalimat bahasa Lampung termasuk dalam kategori kurang (49,8%), sedangkan berdasarkan suku, persentase kemampuan membuat kalimat bahasa Lampung untuk siswa yang bersuku Lampung termasuk dalam kategori kurang (47,2%) dan bersuku non-Lampung termasuk dalam kategori kurang (52,3%.) Berdasarkan aspek, yaitu untuk aspek kejelasan subjek dan predikat termasuk kategori sangat baik (81,3%) sedangkan berdasarkan suku, persentase kemampuan membuat kalimat bahasa Lampung untuk siswa yang bersuku Lampung termasuk dalam kategori sangat baik (82,2%) dan bersuku non-Lampung termasuk dalam kategori sangat baik (80,8%). Untuk aspek kelogisan termasuk kategori sangat baik (79,9%), sedangkan berdasarkan suku, persentase kemampuan membuat kalimat bahasa Lampung untuk siswa yang bersuku Lampung termasuk dalam kategori sangat baik (79%) dan bersuku non-Lampung termasuk dalam kategori sangat baik (80,8%). Untuk aspek kehematan termasuk kategori sedang (61,2%), sedangkan berdasarkan suku, persentase kemampuan membuat kalimat bahasa Lampung untuk siswa yang bersuku Lampung termasuk dalam kategori sedang (57,3%) dan bersuku non-Lampung termasuk dalam kategori sedang (65%). Untuk aspek kecermatan termasuk kategori sangat baik (92%), sedangkan berdasarkan suku, persentase kemampuan membuat kalimat bahasa Lampung untuk siswa yang bersuku Lampung termasuk dalam kategori sangat baik (94,4%) dan siswa yang bersuku non-Lampung termasuk dalam kategori sangat baik (91%). Untuk aspek penggunaan ejaan termasuk kategori sangat baik (57,8%), sedangkan berdasarkan suku, persentase kemampuan membuat kalimat bahasa Lampung untuk siswa yang bersuku Lampung termasuk dalam kategori kurang (50,3%) dan bersuku non-Lampung termasuk dalam kategori sedang (65%). JF - Digital Library TI - KEMAMPUAN MEMBUAT KALIMAT BAHASA LAMPUNG SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PESISIR TENGAH KRUI LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012 AV - restricted ER -