%A Ari Ika Wati 0813041017 %J Digital Library %T NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL PADANG BULAN KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) %X ABSTRAK Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Padang Bulan karya Andrea Hirata dan kelayakan novel tersebut sebagai bahan ajar sastra Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilainilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Padang Bulan karya Andrea Hirata dan kelayakannya sebagai sebagai bahan ajar sastra Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Padang Bulan karya Andrea Hirata. Novel tersebut diterbitkan pada bulan Maret 2011, cetakan pertama yang terdiri atas 41 bab dengan jumlah halaman 310, dan diterbitkan oleh penerbit Bentang. Ari Ika Wati ii Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Padang Bulan karya Andrea Hirata mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam novel Padang Bulan di antaranya yaitu religius, jujur, toleransi, kerja keras, percaya diri, kreatif, mandiri, tanggung jawab, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, gemar membaca, dan peduli sosial. Nilai pendidikan karakter yang paling banyak ditemukan adalah tentang karakter kerja keras, bersahabat, dan menghargai prestasi sedangkan nilai pendidikan karakter yang paling sedikit ditemukan adalah karakter jujur dan cinta tanah air. Dilihat dari kriteria pemilihan bahan ajar sastra yaitu, penggunaan bahasa, psikologis siswa, dan latar belakang budaya, novel Padang Bulan karya Andrea Hirata layak untuk dijadikan bahan ajar sastra di Sekolah Menengah Atas. %D 2012 %L eprints13488