%A Kesuma Ariyanti 0813041028 %J Digital Library %T KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DALAM DISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan mengemukakan pendapat dalam diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandarlampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswaSMP Negeri 5 Bandarlampung TP 2011/2012 mengemukakan pendapat dalam diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data kemampuan mengemukakan pendapat dalam diskusi diperoleh dari hasil observasi dan rekaman audio visual. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandarlampung TP 2011/2012 yang berjumlah 203 siswa dan tersebar dalam 6 kelas, dengan sampel sebanyak 30 siswa atau 15% dari populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengemukakan pendapat dalam diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandarlampung dilihat dari masing-masing indikator, yaitu indikator ketepatan ucapan (pelafalan) terkategorikan baik dengan nilai 75,83; indikator pelihan kata (diksi) terkategorikan baik dengan nilai 77,91; indikator intonasi terkategorikan cukup dengan nilai 69,16; indikator sikap (wajar, tenang, dan tidak kaku) terkategorikan baik dengan nilai 74,58; indikator kenyaringan suara terkategorikan baik dengan nilai 82,50; indikator penguaasan topik terkategorikan baik dengan nilai 72,92; indikator kelancaran terkategorikan baik dengan nilai 82,78; dan indikator kesediaan menghargai orang lain terkategorikan sangat baik dengan nilai 86,11. Secara keseluruhan, kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandarlampung dalam diskusi terkategorikan baik dengan nilai 77,28. %D 2012 %L eprints13490