TY - THES ID - eprints13506 UR - http://digilib.unila.ac.id/13506/ A1 - NUNUK DIAN ANGGRAENI, 1323031050 Y1 - 2015/07/11/ N2 - abstrak indonesia Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan modul sosiologi berbasis multikultur pada siswa SMA kelas XI yang menarik dan layak, serta menumbuhkan pendidikan multikultural digunakan dalam pembelajaran, dan untuk mengetahui efektifitas bahan ajar dalam meningkatkan hasil belajar. Desain dan prosedur pengembangan mengikuti langkah-langkah pengembangan Dick and Carey. Untuk mengetahui efektifitas produk dilakukan dengan Uji Eksperimen Model Pretest-Postest (Control Group Design). Hasil penelitian pengembangan dapat disimpulkan: (1) desain dan sintak bahan ajar sosiologi yaitu menggunakan 9 langkah model pengembangan Dick and Carey, (2) pengujian efektifitas bahan ajar modul sosiologi, yaitu hasil penilaian ahli materi, ahli desain, siswa dan guru sosiologi terhadap rancangan bahan ajar sosiologi hasil pengembangan sangat sistematis, cukup konsisten, cukup menarik, sangat sesuai, dan sangat tepat, untuk meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkan pendidikan multikultural, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yang belajar dengan menggunakan buku ajar hasil pengembangan lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol yang belajar dengan tidak menggunakan produk hasil pengembangan. Ketuntasan hasil belajar klasikal kelas eksperimen mencapai batas minimal, sedangkan kelas kontrol ketuntasan belajar klasikal kurang mencapai batas minimal. Kata Kunci : pengembangan, modul sosiologi, dan multikultural abstrak inggris PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENGEMBANGAN MODUL SOSIOLOGI BERBASIS MULTIKULTURAL PADA SISWA SMA KELAS XI AV - restricted ER -