%A 1113021052 Muhammad Yusuf %T ANALISIS DESKRIPTIF SELF-EFFICACY BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VII-J SMP Negeri 8 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015) %X Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan self-efficacy berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran Socrates Kontekstual. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-J SMPN 8 Bandarlampung semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015 yang memunculkan self-efficacy berpikir kritis matematis. Data penelitian ini merupakan data kualitatif dan kuantitatif mengenai self-efficacy berpikir kritis matematis siswa yang diperoleh melalui observasi, skala efficacy, dan wawancara. Pada penelitian ini, skala efficacy dan wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi yang jelas mengenai self-efficacy berpikir kritis matematis siswa, serta untuk memperkuat informasi yang diperoleh dari hasil observasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, verifikasi data dan analisis pemaknaan. Dari penelitian ini, diperoleh kesimpulan berdasarkan skala efficacy bahwa self-efficacy berpikir kritis matematis 62,5% siswa menjadi lebih baik, 25% siswa tetap, dan 12,5 % siswa menurun dalam pembelajaran Socrates Kontekstual. Kesimpulan tersebut sesuai dengan hasil wawancara dan observasi. Namun terdapat juga siswa yang menilai dirinya terlalu tinggi pada skala efficacy. Kata Kunci : berpikir kritis, pembelajaran Socrates kontekstual, self-efficacy %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints13509