TY - GEN ID - eprints13523 UR - http://digilib.unila.ac.id/13523/ A1 - 0913051066, RIZKI YULIANDRA Y1 - 2013/// N2 - ABSTRAK Pendidikan jasmani merupakan suatu proses pembelajaran yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan hidup aktif serta sikap sportif melalui kegiatan pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar gerak dasar meluncur dengan menggunakan alat bantu pada siswa kelas XI IPA I SMA Budaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Class room Action Reserch), dengan Dua siklus, dimana pada setiap siklus menggunakan tindakkan yang berbedabeda. Siklus pertama dengan penggunaan bantuan teman, dan siklus kedua dengan penggunaan alat bantu botol. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa XI IPA I SMA Budaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data diambil dari tes berupa pengamatan keterampilan gerak dasar meluncur yang meliputi sikap awal pelaksanaan dan sikap akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan gerak dasar meluncur melalui penggunaan alat bantu pada setiap siklusnya, adapun peningkatan pada setiap siklus adalah sebagai berikut siklus pertama sebesar 63,89 %, dan siklus kedua 94,44 %. TI - EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN GERAK DASAR MELUNCUR MELALUI ALAT BANTU PADA SISWA KELAS XI IPA I SMA BUDAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -