TY - JOUR ID - eprints13528 UR - http://digilib.unila.ac.id/13528/ A1 - 1013068051, Sunartik Y1 - 2012/11// N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan ingin memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran gerak dasar memukul pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kupang Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 tercapai keberhasilan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa dengan perincian 17 laki-laki dan 13 perempuan. Instrumen yang dipakai adalah penilaian kualitas gerak dasar memukul dengan rentang nilai 0-1. Teknik analisis data menggunakan prosentasi ketuntasan belajar setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama dengan menggunakan alat modifikasi berupa : pemukul berupa piring plastik, maka ada peningkatan terhadap gerak dasar memukul yaitu jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar adalah siswa atau 46,67 %; sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 28 siswa atau 93, hanya menyisakan 2 siswa lagi yang belum tuntas sehingga pada siklus kedua penelitian selesai. Berdasarkan hasil penelitian, dapat peneliti simpulkan bahwa dengan menggunakan alat bantu yang telah dimodifikasi pada siswa-siswi V SD Negeri 2 Kupang Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat meningkat. JF - Digital Library TI - EFEKTIFITAS PENGGUNAAN ALAT BANTU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR MEMUKUL DALAM PERMAINAN KIPPERS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KUPANG KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -