TY - GEN ID - eprints13536 UR - http://digilib.unila.ac.id/13536/ A1 - 1013108027, SARUTOMO Y1 - 2012/// N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan kesadaran hidup sehat melalui pembelajaran penugasan (task teaching) dengan model pendekatan PAIKEM pada siswa kelas IV di SD Negeri 3 Cimanuk Way Lima Kabupaten Pesawaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Way Lima Kabupaten Pesawaran yang berjumlah 24 siswa, dengan perincian 15 laki-laki dan 9 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melaluiangket dengan menggunakan instrumen penilaian skala sikap dalam penerapan perilaku hidup sehat. Hasil penelitian menunjukkan: setiap siklus adanya peningkatan kesadaran hidup sehat di kalangan siswa kelas IV melalui pembelajaran penugasan dengan pendekatan model PAIKEM dan bila dilihat dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada tes awal diperoleh prosentasi keberhasilan 33,33%. Pada akhir siklus pertamadiperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan kesadaran hidup sehat siswa sebesar 58,33 %,dan pada siklus kedua diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan dalam menerapkan kesadaran gidup sehat sebesar87,50% dan ternyata dapat meningkat secara signifikan. Berdasarkan nilai rerata untuk meningkatkan kesadaran hidup sehatsetiap siklus tentu sajatelah diberi perlakuan yang sesuai dengan pendekatan pembelajaran yang mengacu pada PAIKEM. Hasil peningkatan ? 50% itu artinya hasil pembelajaran dengan pendekatan penugasan yang diterapkan dalam pembelajaran penugasan menunjukan telah terjadi peningkatan. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa pembelajaran hidup sehat pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Way Lima sangat efektif dalam meningkatkan kesadaran hidup sehat para siswa. TI - UPAYA MENINGKATKAN HIDUP SEHAT MELALUI PENUGASAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 CIMANUK WAYLIMA KABUPATEN PESAWARAN AV - restricted ER -