%A Siti Nurul Qolbi 1013119179 %J Digital Library %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENG-GUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 MARGAKAYA KECAMATAN PRINGSEWU KABUPATEN %X Abstrak Aktivitas siswa dalam pembelajaran masih rendah, begitupun dengan prestasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan observasi prapenelitian yang dilakukan di SD Negeri 2 Margakaya Kecamatan Pringsewu. Begitupun dengan penerapan pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode yang monoton, yaitu metode ceramah. Kejadian tersebut sulit untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) merencanakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) Refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas siswa dan alat tes untuk mengukur hasil belajar siswa, dan lembar angket digunakan untuk menjaring data berkaitan dengan pandangan dan pendapat tim serta siswa terhadap strategi pembelajaran matematika menggunakan alat peraga pada akhir penelitian.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif untuk data aktivitas pembelajaran dari lembar pengamatan, dan analisis kuantitatif untuk data prestasi belajar dari hasil tes. Hasil penelitian pembelajaran Matematika menggunakan alat peraga dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian mendapatkan peningkatan aktivitas pembelajaran siswa yaitu dapat dilihat pada presentase berikut ini, siklus I 51,6% dan siklus II 78,04%. Sedangkan prestasi belajar siswa presentase rata-rata mengalami peningkatan yaitu siklus I 51,55% dan siklus II 68,07%. %D 2012 %L eprints13563