@article{eprints13568, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padangcermin Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011)}, author = {Eka Sulastri 0413024003}, year = {2011}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13568/}, abstract = {Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi pokok ekosistem oleh siswa SMP Negeri 1 Padangcermin. Desain penelitian ini adalah pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas VII7 dan VII5 yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif yaitu aktivitas siswa diperoleh dari lembar observasi. Data kuantitatif yaitu penguasaan materi oleh siswa yang diperoleh dari pretes dan postes pada setiap pertemuan. Analisis data aktivitas siswa menggunakan indeks aktivitas siswa dengan menghitung rata?rata skor aktivitas siswa, sedangkan penguasaan materi menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5\% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap aktivitas siswa pada saat proses ii pembelajaran yaitu adanya peningkatan aktivitas dari pertemuan I ke pertemuan II dengan peningkatan rata-rata sebesar (4,47\%). Secara umum peningkatan terjadi pada setiap aspek aktivitas siswa yang diamati. Rata-rata aktivitas siswa tertinggi adalah aspek mengemukakan pendapat, sedangkan aktivitas siswa terendah adalah aspek bertanya. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD juga berpengaruh terhadap penguasaan materi pokok ekosistem pada kelas eksperimen. Indikator kognitif N-Gain kategori tinggi adalah pemahaman (C2) dan analisis (C4), sedangkan indikator kognitif N-Gain kategori rendah adalah penerapan (C3). Kesimpulan penelitian ini adalah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi pokok ekosistem oleh siswa SMP Negeri 1 Padangcermin secara signifikan. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions), Aktivitas siswa, Penguasaan materi.} }