TY - JOUR ID - eprints13576 UR - http://digilib.unila.ac.id/13576/ A1 - 0813053015, ALIF ROSYIDAH Y1 - 2012/// N2 - ABSTRAK Pembelajaran IPA di kelas V A SD Negeri 06 Metro Barat belum optimal. Guru belum menggunakan model pembelajaran dengan sistem kerja kelompok kepada siswa secara maksimal. Sehingga aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung masih kurang. Selain itu hasil belajar siswa juga belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif partisipatif antara peneliti dengan guru, dan dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus diawali dengan perencanaan tindakan, melaksanakan tindakan, observasi, dan kemudian melakukan refleksi. Data diperoleh dengan melakukan observasi untuk mengetahui kinerja guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, dan dengan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Kemudian dianalisis menggunakan analisis kulitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari meningkatnya rata-rata persentase aktivitas siswa, pada siklus 1 aktivitas siswa dalam kategori ?kurang aktif? meningkat menjadi kategori ?aktif? pada siklus 2. Demikian pula hasil belajar siswa pada siklus 1 persentase ketuntasan siswa sebesar 56,67% meningkat menjadi 80% pada akhir siklus 2. Kata Kunci: model Cooperative Learning, tipe Student Teams Achievement Division (STAD), aktivitas belajar, dan hasil belajar IPA JF - Digital Library TI - PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA SD NEGERI 06 METRO BARAT AV - restricted ER -