creators_name: 0813053051, Pratisthita Puji L type: article datestamp: 2015-10-22 09:53:16 lastmod: 2015-10-22 09:53:16 metadata_visibility: show title: PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VA SD NEGERI 1 PRINGSEWU UTARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012 ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Latar belakang penelitian ini didasarkan dari observasi dengan guru dan siswa kelas VA SD Negeri 1 Pringsewu Utara. Terlihat bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Yaitu hanya 5 orang dari 30 siswa yang aktif. Berdampak pada hasil belajar Pkn dengan nilai rata-rata kelas hanya mencapai 50. Sehingga penulis menggunakan metode Mind Mapping dalam proses pembelajaran PKn, karena diyakini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Tujuan penelitan ini yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 1 Pringsewu Utara pada pembelajaran PKn dengan menggunakan metode Mind Mapping dan Subjek penelitian adalah siswa kelas VA yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, oservasi dan refleksi. Data kegiatan dikumpulkan melalui lembar observasi dan instrumen tes pada setiap siklusnya. Analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa, melalui penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VA SD Negeri 1 Pringsewu Utara. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I rata-rata 52,93%, siklus II rata-rata 63,86%, dan pada siklus III rata-rata 83,86%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (65,33), siklus II (70,00), dan pada siklus III (89,67) Kata kunci: aktivitas, hasil belajar dan metode Mind Mapping. date: 2012-11 date_type: published publication: Digital Library refereed: TRUE citation: 0813053051, Pratisthita Puji L (2012) PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VA SD NEGERI 1 PRINGSEWU UTARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library. document_url: http://digilib.unila.ac.id/13579/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13579/2/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13579/3/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13579/4/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13579/5/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13579/6/cover.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13579/7/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13579/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13579/9/HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13579/10/KATA%20PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13579/11/MOTTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13579/11/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13579/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13579/13/SANWACANA.pdf