@article{eprints13585, month = {Desember}, title = {UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PETA KELAS VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 WAY DADI SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 }, author = {Amrodi 1013069006}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13585/}, abstract = {ABSTRAK Latar belakang penelitian ini didasarkan dari pengamatan atau observasi, dan wawancara dengan guru dan siswa kelas VI SD Negeri 1 Way Dadi Sukarame Bandar Lampung yang ternyata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pendidikan Sosial masih rendah dan partisipasi dalam poses pembelajaran masih kurang aktif. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pendidikan Sosial kelas VI SD Negeri 1 Way Dadi Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VI SD Negeri 1 Way Dadi Sukarame Bandar Lampung. Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini digunakan instrumen, lembar observasi dan lembar penilaian pembelajaran. Untuk mengetahui aktvitas belajar dalam penelitian tindakan kelas, analisa data menggunakan rumus sederhana yaitu persentase (\%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahwa dengan menggunakan gambar peta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Terbukti selama penelitian tindakan 2 siklus siswa menyukai proses pembelajaran. Dari analisa data menunjukkan bahwa penggunaan Media Gambar Peta dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas belajar siswa antara siklus 1 (74 \%), siklus II (81 \%). Sedangkan hasil belajar meningkat dari siklus 1 (65.71) , siklus II (71.85 ).Dengan pembelajaran menggunakan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Media gambar, Peta, Meningkatkan hasil belajar siswa } }