TY - JOUR ID - eprints13593 UR - http://digilib.unila.ac.id/13593/ A1 - 1013069155, Tati Yuniati Y1 - 2012/// N2 - ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi awal di Sekolah Dasar 2 Sukajawa hasil belajar Matematika kelas IV masih di bawah KKM, dimana KKM yang ditetapkan sekolah tersebut adalah 65. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Matematika, melalui Pembelajaran Interaktif. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri atas tiga siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data digunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika digunakan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 dengan rerata nilai (64,7) menjadi (75,34) pada akhir siklus 3. Kata kunci: hasil belajar Matematika, pembelajaran Interaktif JF - Digital Library TI - PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SUKAJAWA BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -