%0 Journal Article %A 1013069232, SAIRAH %D 2013 %F eprints:13597 %J Digital Library %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SDN 3 TALANG BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/13597/ %X ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan guru terhadap peningkatan aktivitas dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV yang rendah, yaitu standar ketuntasan minimal belum tercapai secara maksimal yaitu baru mencapai 50,40%.Hal ini diduga karena pada proses pembelajaran guru belum memberikan kesempatan belajar yang seluas-luasnya kepada siswa, dan belum menggunakan alat bantu belajar yang tepat. Metode yang dipilih peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan datapada penelitian ini adalah pengamatan terhadap peningkatan belajar siswa dan rancangan pembelajaran yang disusun peneliti,dan tes hasil belajar setiap ahkir siklus penelitian. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus sederhana yaitu prosentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukan adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar dari siklus ke siklus, peningkatan aktivitas belajar siklus ke 1 rata-rata 57%, siklus ke 2 rata-rata 85% maka meningkat 20%, sedangkan prestasi belajar siklus ke 1 rata-rata 60%, siklus ke 2 rata-rata 75% maka aktivitas dan prestasi belajar siswa rata-rata meningkat 15%, dengan demikian hipotesis teruji positif dan selanjutnya disimpulkan bahwa pembelajaran IPS menggunakan metode kerja kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa SDN 3 Talang Kecamatan Teluk Betung Selatan Bandar Lampung semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata kunci : Aktivitas, Prestasi dan Kerja kelompok.