creators_name: 1013079167, Winarmi type: article datestamp: 2015-10-22 09:54:44 lastmod: 2015-10-22 09:54:44 metadata_visibility: show title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KELAS VI SD NEGERI 02 TITWANGI TAHUN PELAJARAN 2012/2013 ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning pada Kelas VISD Negeri 02 Titiwangi. Khususnya pada pokok bahasan luas segibanyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga. Pelaksanaan Penelitian tindakan kelas ini selama 5 bulan dimulai dari perencanaan hingga penyusunan laporan. Prosedur dalam pelaksanaan penelitian ini berbentuk siklus, yang terdiri dari siklus I, II, dan III. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tehnik pengmpulan data dalam penelitian ini melalui lembar observasi aktivitas siswa, kinerja guru, dan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I aktivitas siswa cukup baik dengan nilai skor rata-rata 2,25, hasil ketuntasan belajar siwa 48,14 % dan skor kinerja guru dalam pembelajaran 3,30 (kategori cukup) . Pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi baik dengan nilai skor rata-rata 2,75, hasil ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 68,96% diikuti oleh kinerja guru yang sudah baik dengan skor 3,87. Dan pada siklus III aktivitas siswa meningkat menjadi sangat baik dengan kenaikan nilai skor rata-rata 3,25, hasil ketuntasan belajarpun telah mencapai target yaitu 86,66 %. Disertai dengan kenerja guru yang tetap baik dengan peningkatan skor yakni 4,17. Jika dilihat dari ketuntasan pembelajaran pra siklus yang hanya mencapai 43,33 %, maka dengan menggunakan strategi pembelajaran contextual teaching and learning aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklus ( I, II, dan III) meningkat diikuti ketuntasan belajar pun tercapai. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, Contextual Teaching and Learning date: 2013-02 date_type: published publication: Digital Library refereed: TRUE citation: 1013079167, Winarmi (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KELAS VI SD NEGERI 02 TITWANGI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library. document_url: http://digilib.unila.ac.id/13598/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13598/2/BAB%201.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13598/3/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13598/4/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13598/5/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13598/6/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13598/7/cover.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13598/8/cover%202.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13598/9/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13598/10/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13598/11/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13598/12/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13598/13/Halaman%20Depan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13598/14/KATA%20PENGANTAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13598/15/lembar%20pengesahaan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13598/16/MOTTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13598/17/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13598/18/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/13598/19/RIWAYAT%20HIDUP.pdf