%A VIVI ALVIONITA. N Nainggolan %T PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 OKU Semester GenapTahun Pelajaran 2012/2013) %X Hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 14 OKU, diketahui bahwa aktivitas belajar siswa belum optimal dan penguasaan materi oleh siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi oleh siswa, salah satunya dengan menggunakan media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media video terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI1 dan XI2 yang dipilih dari populasi secara random sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa dan dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif berupa penguasaan materi yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. VIVI ALVIONITA iii Hasil penelitian aktivitas belajar siswa dari semua aspek rata-rata berkriteria tinggi. Pada aspek kemampuan mengemukakan ide/pendapat yaitu 77,4, pada aspek kemampuan bertanya yaitu 89,7, dan aspek kemampuan menjawab pertanyaan yaitu 85,7. Penguasaan materi juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes sebesar 32,0, nilai postes 80,4 dan N-gain 0,71. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media video berperangaruh terhadap aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan terhadap penguasaan materi sistem pernapasan oleh siswa. Kata kunci : aktivitas belajar, media video, penguasaan materi, dan sistem pernapasan. %C Universitas Lampung %D 2013 %I Fakultas KIP %L eprints136