%0 Journal Article %A 1013079311, Tri Puspita Rini %D 2013 %F eprints:13605 %J Digital Library %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL MENGARANG DESKRIPSI MELALUI METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SINDANGSARI KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN %U http://digilib.unila.ac.id/13605/ %X ABSTRAK Kegiatan belajar mengajar di SD Negeri 1 Sindangsari Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan belum berjalan maksimal. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh aktivitas siswa pasif dan hasil belajar masih rendah masih di bawah KKM yang ditentukan sekolah yaitu 65. Tujuan peneliti di sini adalah meningkatkan aktivitas mengarang deskripsi. Salah satu metode yang dianggap tepat untuk meningkatkan aktivitas mengarang deskripsi adalah penggunaan metode field trip dengan tujuan meningkatkan aktivitas mengarang. Metode penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (clasroom action rerserch) yang bersifat reflektif dan kolaboratif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observasion), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes tulis. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamtan aktivitas siswa, lembar pengamatan kinerja guru, dan lembar penilaian tes formatif di akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penggunaan metode field trip dapat meningkatkan aktivitas mengarang. Aktivitas siswa pada siklus I secara keseluruhan mencapai 29,41 % yang aktif,sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 61,76 % yang aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 16 siswa (47,06 %), sedangkan pada siklus II jumlah yang tuntas 30 siswa (88,24 %). Kata kunci : Aktivitas dan hasil mengarang deskripsi, Metode Field trip