%0 Journal Article %A 0443024037, Titin Suprihatin %D 2011 %F eprints:13608 %J Digital Library %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PENGUASAAN MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Perintis 1 Bandar Lampung) %U http://digilib.unila.ac.id/13608/ %X Abstrak SMP Perintis 1 Bandar Lampung masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan ceramah sehingga siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya penguasaan materi siswa. Dengan demikian diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat melibatkan peran aktif siswa dengan mengkondisikan siswa sebagai subjek belajar. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran berbasis kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis kontekstual terhadap penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Pertumbuhan dan Perkembangan; (2) penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Pertumbuhan dan Perkembangan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis kontekstual dibandingkan tanpa pembelajaran kontekstual Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2010-2011 di SMP Perintis 1 Bandar Lampung. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling dengan populasi dan sampel yaitu siswa-siswi kelas VIIIA sebagai kelompok eksperimen dan siswa-siswi kelas VIIIF sebagai kelompok kontrol. Desain yang digunakan adalah pretest-post test non ekuivalen. Data penelitian ini berupa penguasaan materi pokok pertumbuhan dan perkembangan yang diperoleh dari nilai pretes, postes dan N-gain siswa. Data tersebut dianalisis secara statistik dengan uji t melalui program SPSS 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penguasaan materi oleh siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian penerapan model pembelajaran berbasis kontekstual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan materi pokok pertumbuhan dan perkembangan oleh siswa. Kata kunci : Kontekstual, Penguasaan , Materi, Pertumbuhan dan Perkembangan.