%A Meri Yuliana 1013099017 %J Digital Library %T UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 4 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil refleksi dan observasi awal pada pembelajaran Matematikadi SDN 4 Metro Timur yang selama ini cenderung monoton dan kurang melibatkan siswa secaraaktifsehingga siswa merasa bosan dan malas untuk belajar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasilbelajarsiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang bersifat reflektif dan kolaboratifterdiridariduasiklus yang masing-masingsiklusmencakupduapertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB yang berjumlah 24orang. Hasilpenelitianmenunjukkan bahwapenggunaanmetode kerja kelompok dapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.Hal inidapatdilihatdarianalisis peningkatanaktivitasdanhasibelajar.Aktivitas belajar siswa pada siklus padasiklus Idiperoleh rata-ratasebesar 74,17%danpadasiklus IIdiperoleh rata-rata sebesar 84,17% terjadipeningkatansebesar10%. Untuk persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 68,81% dan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 91,66 terjadi peningkatan sebesar 22,91%. Sedangkanuntuknilai rata-ratanyadiperolehpadasiklus I sebesar 69,81meningkatsebesar 7,38 padasiklus II yang medapatkannilai rata-rata sebesar 77,19. Berdasarkan hasil analisis data, disarankan pada guru matapelajaranMatematika hendaknya seringmenggunakan metode kerjakelompok dalam pembelajaran agar aktivitasdanhasilbelajarsiswadapatmeningkat. Kata kunci:aktivitas belajar, hasilbelajar, metodekerjakelompok %D 2012 %L eprints13619