TY - JOUR ID - eprints13632 UR - http://digilib.unila.ac.id/13632/ A1 - 1013109061, Titi Wahyuti Y1 - 2013/01// N2 - ABSTRAK Pembelajaran IPA di kelas V SDN 1 Wiyono kurang bervariasi. Secara umum dalam praktiknya selalu monoton, karena pada umumnya guru menyajikan pembelajaran dengan metode ceramah langsung melalui cerita, tugas kelompok, mencatat, dan jarang menggunakan media pembelajaran sehingga aktivitas belajar siswa menjadi rendah. Rendahnya aktivitas belajar siswa berimbas pada rendahnya penguasaan konsep IPA. Masalah tersebut dipecahkan melalui penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep IPA melalaui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas V SDN 1 Wiyono yang berjumlah 26 orang, terdiri dari 13 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkah-langkah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar dari siklus ke siklus. Aktivitas siswa pada siklus I 64,62%, pada siklus II meningkat menjadi 80,77%. Rata-rata hasil belajar pada tes awal 61,23, siklus I 69,75, pada siklus II meningkat menjadi 75,78. Ketuntasan belajar siswa pada tes awal 46,15%, siklus I 61,54%, meningkat pada siklus II menjadi 88,47%. Kata kunci: IPA, Aktivitas belajar, Penguasaan konsep, Kooperatif tipe STAD JF - Digital Library TI - MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP IPAMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BAGI SISWA KELAS VSDN 1WIYONO TAHUN PELAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -