title: PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK EKOSISTEM OLEH SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Bandar Lampung T.P 2010/2011 ) creator: 0513024043, Oktaria Agung subject: description: Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh pembelajaran model (PBI) terhadap penguasaan materi pokok ekosistem oleh siswa. Dari seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 12 Bandar Lampung, diambil 2 kelas sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Siswa kelas X1 sebagai kelompok eksperimen, dan siswa kelas X2 sebagai kelompok kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest tak ekuivalen. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu penguasaan materi yang diperoleh dari nilai pretest dan posttes dilakukan sebanyak 2 kali dengan menggunakan soal pilihan jamak sebanyak 10 soal. N-Gain penguasaan materi selanjutnya dianalisis secara statistik menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata postes kelas eksperimen (78,19) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (68,75), sehingga rata-rata N-Gain siswa kelas eksperimen (56,90) lebih besar dari kelas kontrol (45,50). Hal ini tampak dari hasil uji t1 diperoleh thit (4,776)>ttab (1,994) sehingga Ho ditolak. Berarti rata-rata N-gain siswa pada kelas eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan dengan rata-rata N-Gain siswa pada kelas kontrol. Kemudian uji t2 diperoleh thit (6,11 3)>ttab (2,030) sehingga Ho ditolak. Berarti rata-rata N-gain siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata N-gain siswa pada kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa : (1) penerapan model PBI memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan materi pokok ekosistem oleh siswa; (2) Penguasaan materi pokok ekosistem oleh siswa dengan penggunaan model PBI lebih tinggi dari pada tanpa menggunakan model PBI. Kata kunci : Model PBI, penguasaan materi, ekosistem. date: 2011 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13633/1/1.%20COVER%20UTAMA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13633/2/ABSTRAK_okta.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13633/3/COVER_Dalam_OKTA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13633/4/DAFTAR%20ISI_OKTA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13633/5/DAFTAR%20TABEL_OKTA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13633/6/ix.pernyataan%20okta.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13633/7/MENGESAHKAN_OKTA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13633/8/MOTTO_okta.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13633/9/PENGESAHAN_OKTA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13633/12/RIWAYAT_HIDUP%20okta.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13633/13/BAB%201%20AGUNG.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13633/14/BAB%202%20AGUNG.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13633/15/BAB%203%20AGUNG.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13633/16/bab%204%20AGUNG.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13633/17/bab%205%20agung.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/13633/18/DAFTAR%20PUSTAKA%20okta%20fik.%2C.pdf identifier: 0513024043, Oktaria Agung (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK EKOSISTEM OLEH SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Bandar Lampung T.P 2010/2011 ). Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/13633/