%0 Journal Article %A 1013127022, Masrohanah %D 2012 %F eprints:13643 %J Digital Library %T UPAYA MENINGKATKANAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 1 PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/13643/ %X ABSTRAK Masalahdalampenelitianiniadalahpeningkatanaktivitasdan hasil belajar siswakelasII SD Negeri1Purwodadidenganmemanfaatkan alat peraga media gambar tahun pelajaran 2011/2012.TujuanpenelitianinimeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarbelajarsiswapadapembelajaranmatematikakelasII SD Negeri1Purwodadidenganmemanfaatkan alat peraga media gambar tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri1Purwodadiyang berjumlah 20 siswa. Setiap siklus menggunakan teknik pengumpulan data berupa evaluasitertulis dan observasi. Instrumen tes tertulis digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, sedangkan instrumen observasidigunakan untuk mengamati aktivitas siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis data, diketahui pada prasiklus, siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatanaktivitas siswa pada setiap siklusnya.Siklus I, Rata-rata persentase aktivitas siswa siklus I sebesar 68,75% dan pada siklus II meningkat menjadi 72,82%. Dari hasil belajar siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 59,90dan nilai rata-rata siklus II meningkat menjadi68,87. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa,dengan memanfaatkan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IISD Negeri1Purwodadi pada pembelajaran Matematika.