%0 Journal Article %A 1013127027, Musliha %D 2012 %F eprints:13644 %J Digital Library %T UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA DALAM MATERI PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE EJA KELAS I SD MUHAMMADIYAH GISTING TAHUN PELAJARAN. 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/13644/ %X ABSTRAK Masalahdalampenelitianiniadalahrendahnyahasilbelajarmembacasiswakelas I SD MuhammadiyahGistingdenganmenggunakanmetodeeja. Dari keseluruhanjumlahsiswakelas I (30 siswa) yang mencapai KKM (65) hanyahanya 17 siswaatau 56,66% sedangkanselebihnyayaitu 13 siswaatau 43,44% belummencapai KKM, dengan rata-rata kelashanya 68,46. TujuanpenelitianiniuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswapadapelajaranBahasa Indonesia kelas I SD MuhammadiyahGistingpadakegiatanmembacadenganmenerapkan model pembelajaranejatahunpelajaran 2011/2012. Penelitianinimenggunakandesainpenelitiantindakankelas yang terdiriatasduasiklus. Subyekpenelitianiniadalahsiswakelas I SD MuhammadiyahGisting yang berjumlah 30 siswa. Setiapsiklusmenggunakanteknikpengumpulan data Berupatesevaluasitertulisdanobservasi. Instrument testertulisdigunakanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswa, sedangkan instrument observasidugunakanuntukmengamatiaktivitassiswadankinerja guru dalampembelajaran. Hasilpenelitianinimenunjukkanadanyapeningkatanhasilbelajarsiswahaltersebutdapatterlihatdaripeningkatanpadapersiklusnya. Diketahuipadasiklus I nilai rata-rata kelas 68,46, denganprosentaseketuntasan 56,66%, danhasilobservasipadasiklus I yaitu 46,66% dengankategorikurangaktif. Sedangkanpadasiklus II menunjukkanpeningkatanhasilbelajarsiswanilai rata-rata kelas 85,03, denganprosentaseketuntasan 93,33% danhasilobservasipadasiklus II yaitu 73,37% dengankategoricukupaktif. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwa, model pembelajaranejadapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelas I SD MuhammadiyahGistingtahunpelajaran 2011/2012.