TY - JOUR ID - eprints13644 UR - http://digilib.unila.ac.id/13644/ A1 - 1013127027, Musliha Y1 - 2012/10// N2 - ABSTRAK Masalahdalampenelitianiniadalahrendahnyahasilbelajarmembacasiswakelas I SD MuhammadiyahGistingdenganmenggunakanmetodeeja. Dari keseluruhanjumlahsiswakelas I (30 siswa) yang mencapai KKM (65) hanyahanya 17 siswaatau 56,66% sedangkanselebihnyayaitu 13 siswaatau 43,44% belummencapai KKM, dengan rata-rata kelashanya 68,46. TujuanpenelitianiniuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswapadapelajaranBahasa Indonesia kelas I SD MuhammadiyahGistingpadakegiatanmembacadenganmenerapkan model pembelajaranejatahunpelajaran 2011/2012. Penelitianinimenggunakandesainpenelitiantindakankelas yang terdiriatasduasiklus. Subyekpenelitianiniadalahsiswakelas I SD MuhammadiyahGisting yang berjumlah 30 siswa. Setiapsiklusmenggunakanteknikpengumpulan data Berupatesevaluasitertulisdanobservasi. Instrument testertulisdigunakanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswa, sedangkan instrument observasidugunakanuntukmengamatiaktivitassiswadankinerja guru dalampembelajaran. Hasilpenelitianinimenunjukkanadanyapeningkatanhasilbelajarsiswahaltersebutdapatterlihatdaripeningkatanpadapersiklusnya. Diketahuipadasiklus I nilai rata-rata kelas 68,46, denganprosentaseketuntasan 56,66%, danhasilobservasipadasiklus I yaitu 46,66% dengankategorikurangaktif. Sedangkanpadasiklus II menunjukkanpeningkatanhasilbelajarsiswanilai rata-rata kelas 85,03, denganprosentaseketuntasan 93,33% danhasilobservasipadasiklus II yaitu 73,37% dengankategoricukupaktif. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwa, model pembelajaranejadapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelas I SD MuhammadiyahGistingtahunpelajaran 2011/2012. JF - Digital Library TI - UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA DALAM MATERI PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE EJA KELAS I SD MUHAMMADIYAH GISTING TAHUN PELAJARAN. 2011/2012 AV - restricted ER -