@article{eprints13645, month = {Pebruari}, title = {PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARN TEMATIK PADA SISWA KELAS II DI SD NEGERI 1 BHAKTI NEGARA KABUPATEN WAY KANAN }, author = {SUDARMI 1013144022}, year = {2013}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13645/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah : (1) motivasi belajar peserta didik yang masih rendah, (2) prestasi belajar IPA peserta didik masih rendah di bawah KKM, dan (3) kurangnya kreativitas guru untuk menggunakan medel pembelajaran yang tepat dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka tujuan penelitian ini : meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Bhakti Negara dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas II. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 4 langkah kegiatan, meliputi kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes, lembar observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas peserta didik dan kinerja guru. Hasil analisis tindakan yang dilakukan pada siklus 1, 2, dan 3 menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPA yang dapat terlihat dari peningkatan hasil prestasi belajar peserta didik. Hasil analisis tindakan yang dilakukan pada siklus 1 mencapai rata-rata 33,33 \% atau sekitar 11 orangdi bawah KKM. Hasil analisis tndakan yang dilakukan pada siklus 2 menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPA melalui medel pembelajaran tematik menunjukkan kemajuan mencapai rata-rata 78,79\% atau sekitar 26 orang yang telah mencapai KKM. Hasil analisis tindakan yang dilakukan pada siklus 3 menunjukkan peningkatan prestasi belajar IPA peserta didik melalui model pembelajaran tematik menunjukkan kemajuan kemajuan yang signifikan, secara keseluruhan peserta didik yang telah mencapai skor ketuntasan minimal mencapai rata-rata 87,88\% atau sekitar 29 orang telah mencapai KKM. Demikian model pembelajaran tematik dapat dijadikan salah satu alternatif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar IPA peserta didik. Kata kunci : prestasi dan model pembelajaran tematik } }