%0 Journal Article %A 1113109025, MASNONA %D 2013 %F eprints:13650 %J Digital Library %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI CARD SORT DI KELAS IV SDN 1 SUKADADI KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN 2012-2013 %U http://digilib.unila.ac.id/13650/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi card sort dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 1 Sukadadi Kabupaten Pesawaran. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus dua kali pertemuan, adapun strategi yang digunakan adalah card sort, untuk pengumpulan data penelitian ini adalah metode test dan non test, sedangkan hasil penelitian dianalisa secara deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa diantaranya aktivitas mendengar, membaca, menulis, bertanya/menjawab dan aktivitas menempel kartu. Pada siklus 1 pertemuan 1 baru 57% pada pertemuan 2 menjadi 73% dan pada siklus 2 pertemuan 1 meningkat menjadi 81% dan pada pertemuan 2 94%. Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus 1 mencapai 54% dan pada siklus 2 telah mencapai 78% terjadi peningkatan 24%. Prestasi belajar siswa pada siklus 1 siswa yang tuntas 80% dan pada siklus 2 telah mencapai 100%. Strategi card sort efektif dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 1 Sukadadi. Kata kunci: aktivitas belajar, prestasi belajar, strategi card sort