TY - JOUR ID - eprints13651 UR - http://digilib.unila.ac.id/13651/ A1 - 1113109032, Purwanti Y1 - 2012/// N2 - ABSTRAK Pembelajaran IPA di kelas V SDN 3 Sukadadi, terdapat permasalahan selama ini dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode teacher centered (pembelajaran masih berpusat pada guru ) yang kurang melibatkan siswa sehingga siswa merasa bosan dan malas untuk belajar. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 3 Sukadadi melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang bersifat daur siklus berulang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 22 orang. Prosedur penelitian tindakan kelas ini meliputi langkah ? langkah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas siswa pada Siklus I 68,18%, pada Siklus II meningkat menjadi 86,36%. Rata-rata prestasi belajar Siklus I sebesar 63,63 dan pada Siklus II naik menjadi 67,72. Ketuntasan belajar Siklus I sebesar 77,27% dan pada Siklus II sebesar 86,36%. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar. Kata kunci : IPA, hasil belajar dan pembelajaran kooperatif tipe NHT. JF - Digital Library TI - PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 3 SUKADADI TAHUN PALAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -