@article{eprints13653, month = {Januari}, title = {PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR N EGERI 3 GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 }, author = {Reni Anggreini 1113109034}, year = {2013}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/13653/}, abstract = {ABSTRAK Pembelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 3 Gedong Tataan tahun pelajaran 2012/2013 belum melibatkan peran serta peserta didik secara optimal. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satu pendekatan untuk mengatasi permasalahan tersebut, adalah dengan menggunakan media pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas. Model pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada materi Bilangan. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika tentang bilangan dengan menggunakan media pembelajaran pada siswa kelas IV SDN 3 Gedong Taan Kabupaten Pesawaran. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam beberapa siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan (planning), implementasi (tindakan), observasi (pengamatan) dan refleksi. Data tentang aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika SDN 3 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi, kemudian hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang dilakukan pada akhir setiap siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil pembelajaran matematika menggunakan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 71,57\% dan pada siklus II mencpai 91,43 dan terjadi peningkatan sebanyak 19,86. Kata kunci : hasil belajar, Media pembelajaran, Pembelajaran Matematika } }