%A SRI HASTUTI 1113119030 %J Digital Library %T MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn POKOK BAHASAN PEMERINTAHAN DESA DAN PEMERINTAHAN KECAMATAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN 3 PATOMAN KECAMATAN PAGELARAN KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi awal di SD Negeri 3 Patoman, aktivitas belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn, pokok bahasan struktur pemerintahan desa dan struktur pemerintahan kecamatan masih rendah dan hasil belajar siswa juga masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pokok bahasan struktur pemerintahan desa dan struktur pemerintahan kecamatan dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Patoman Kecamatan Pegelaran Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi dan tes hasil belajar menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Kemudian data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisa kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn, dimana pada siklus 1 aktifitas belajar siswa 63,33% dengan kategori kurang aktif, sedangkan pada siklus II 85,00% dengan kategori sangat aktif. Sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 21,67%. Demikian juga dengan hasil belajar siswa, siklus I nilai rata-rata 66,90 dan siklus II nilai rata-rata 71,00. Sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4,10. Kesimpulan penelitian ini adalah ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn pokok bahasan pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Patoman Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran yang disampaikan dari hasil penelitian ini adalah hendaknya guru dalam pembelajaran PKn pokok bahasan pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan sebaiknya menggunakan media gambar supaya aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Kata kunci: PKn, aktivitas belajar, hasil belajar, media gambar %D 2013 %L eprints13654