%A SUMARTI 1113119035 %J Digital Library %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN WUJUD ZAT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 2 MARGODADI KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa di kelas IV SD Negeri 2 Margodadi ditemukan aktivitas belajar siswa rendah dan hasil belajar IPA di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari tiga siklus setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumetasi. Instrument penelitian yaitu lembar panduan observasi kinerja guru dan aktivitas siswa, dokumentasi tes hasil belajar siswa. Kemudian data-data tersebut diberi tanda berdasarkan jenis dan sumbernya. Selanjutnya peneliti melakukan interprestasi terdapat data sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 59,62% dengan kategori cukup aktif, pada siklus II yaitu 70,18% dengan kategori aktif dan pada siklus III yaitu 81,00% dengan kategori sangat aktif. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang telah tuntas belajar tersebut 39,13%, menjadi 65,21% pada siklus II dan pada siklus III yaitu 91,30%. Dengan demikaian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Margodadi Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran yang disampaikan dari hasil penelitian ini adalah hendaknya guru dalam pembelajaran IPA sebaiknya menggunakan pendekatan kontekstual supaya aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Kata kunci: IPA, aktivitas belajar, hasil belajar, pendekatan kontekstual. %D 2012 %L eprints13655