%0 Generic %9 Other %A Hasnan Habib, 1111011054 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:13665 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %T PENGARUH PERSEPSI POTONGAN HARGA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF SECARA ONLINE DI BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/13665/ %X Perkembangan teknologi yang didukung semakin baiknya akses internet yang disediakan oleh provider telah mendorong transaksi pembelian online dalam skala cukup besar di Indonesia. Pemasar online baik yang bertindak sebagai perusahaan maupun individu bersaing menawarkan potongan harga menarik untuk mendorong konsumen melakukan pembelian online. Berbeda dengan pembelian rasional dimana konsumen selalu berpikir dahulu sebelum membeli produk, pembelian impulsif merupakan ciri pembelian dimana konsumen membeli produk secara cepat, spontan, terburu-buru,dan tanpa berpikir lama. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh persepsi potongan harga terhadap pembelian impulsif yang terjadi secara online. Penelitian dilakukan di Bandarlampung dengan menyebarkan kuesioner terhadap responden yang pernah melakukan pembelian impulsif secara online dengan teknik purposive sampling. Sebanyak 100 data responden diuji untuk mengetahui tanggapan terhadap masing-masing variabel. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai β = 0,756 yang menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi variabel potongan harga memiliki pengaruh positif terhadap pembelian impulsif secara online. Hasil koefisien determinasi (R2) menunjukkan potongan harga memiliki kontribusi 57,1% dalam menjelaskan hubungan terhadap pembelian impulsif secara online. Pernyataan hipotesis diperoleh nilai sig yaitu 0,00 < 0,05 yang berarti berpengaruh positif dan signifikan pernyataan hipotesis pada penelitian diterima. Kata kunci : pembelian online, potongan harga, pembelian impulsif, pembelian rasional